Tahun 2024 Mendatang, PD Batuputih Dorong Semua Desa Berstatus Maju dan Mandiri

  • Whatsapp

infobatuputuh.com – Pendamping Desa (PD) Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) mendorong 14 desa di Kecamatan Batuputih untuk menjadi desa maju dan mandiri. Jum’at (09/06/2023).

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur (Jatim) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat umumkan peningkatan status desa di Kecamatan Batuputih pada Kamis (08/06/2023) kemaren.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan informasi yang diterima redaksi infobatuputih.com berdasarkan keterangan dari Pendamping Desa Kecamatan Batuputih menjelaskan berikut sejumlah desa di Kecamatan Batuputih yang berubah status:

DESA MANDIRI

-Desa Batuputih Laok

-Desa Batuputih Kenek

 

DESA MAJU

-Desa Badur

-Desa Juruan Daya

-Desa Juruan Laok

-Desa Tengedan

 

DESA BERKEMBANG

Desa Larangan Barma

-Desa Larangan Kerta

-Desa Sergang

-Desa Aeng Merah

-Desa Batuputih Daya

-Desa Gedang-Gedang

-Desa Bullaan

-Desa Bantelan

Aki’ Suprapto, ST selaku Koordinator Kecamatan (Koorcam) PD Batuputih mengatakan bahwa pihaknya sejauh ini telah berupaya dari 14 desa di Kecamatan Batuputih untuk menjadi desa maju dan mandiri.

“Meskipun baru 6 desa yang berstatus maju dan mandiri. Tapi, dari kemarin kami (PD-red) mendorong bagaimana 14 desa bisa pindah status dari desa berkembang menjadi maju atau bahkan mandiri,” katanya kepada media ini, Jum’at (09/06/2023).

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwa peran pendamping mendorong desa untuk menjadi DESA maju dan mandiri, salah satunya dengan cara menghidupkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) di Kecamatan Batuputih.

“Alhamdulillah, Bumdesa di Kecamatan sudah lebih dari 50% berjalan dan sudah menyumbang kepada Pendapatan Asli Desa (PAD),” katanya menjelaskan.

Untuk itu, pria yang akrab disapa Aki’ itu berharap dari 8 desa di Kecamatan Batuputih yang masih berstatus berkembang tahun 2024 mendatang bisa menjadi desa maju atau bahkan mandiri.

“InsyaAllah tahun depan, kami berharap semua desa bisa naik status, dari berkembang ke maju dan dari maju menjadi mandiri,” tukasnya.

Redaksi Info Batuputih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *