Jangan Khawatir Makan Daging di Tengah Wabah PMK, Ini Cara Aman Mengolahnya

  • Whatsapp
Jangan Khawatir Makan Daging di Tengah Wabah PMK, Ini Cara Aman Mengolahnya
Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep, Madura, Jawa Timur, tegaskan hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) aman dikonsumsi. (Sumber Foto: Istimewa)

infobatuputih.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep, Madura, Jawa Timur, tegaskan hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) aman dikonsumsi. Minggu, 19 Juni 2022.

Sebagaimana dikutip dari pcnusumenep.or.id, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Sumenep, drh. Zulfa mengatakan bahwa virus PMK tidak menular ke tubuh manusia. Sehingga aman jika dikonsumsi manusia.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat jangan khawatir, daging hewan yang terjangkit virus PMK ini aman dikonsumsi,” ungkap drh. Zulfa, Jum’at (17/06/2022) kemaren.

Pihaknya menjelaskan,  virus PMK tidak menular ke manusia. Tapi manusia bisa menjadi penular kepada hewan lain yang berkuku belah, seperti sapi, rusa, kerbau, kambing, domba, dan unta.

Meski begitu, lanjut drh. Zulfa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terhadap hewan ternak yang terjangkit virus PMK yang akan dikonsumsi manusia.

“Pertama, daging hewan dimasak dengan tingkat kematangan yang tinggi,” jelasnya.

“Kemudian, waktu penyembelihan agar dijauhkan dengan hewan ternak lainnya. Karena khawatir menular lewat darah yang berserakan,” sambungnya.

Dirinya menghimbau, bagi petugas penyembelih hendaknya mencuci tangan pakai sabun, kemudian mandi sampai bersih agar tidak menyisakan percikan-percikan darah yang dapat menularkan virus kepada hewan lainnya.

“Supaya hewan tidak tertular dengan wabah PMK ini, petugas penyembelih harus jaga kebersihan juga,” tandasnya.

Redaksi Info Batuputih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *