Soal Pencemaran Nama Baik Moh Rizal Maulana, Warga Batuputih Terancam Dipolisikan

  • Whatsapp
Soal Pencemaran Nama Baik Moh. Rizal Maulana, Warga Batuputih Terancam Dipolisikan
Marlaf Sucipto selaku Penasihat Hukum Moh. Rizal Maulana saat menunjukkan sejumlah barang bukti. )Sumber Foto: Istimewa)

infobatuputih.com – Diduga lakukan pencemaran nama baik, sebuah akun Facebook atas nama Zat Nya Sudi akan dilaporkan ke Kepolisian Resort (Polres) Sumenep, Madura, Jawa Timur. Minggu, 29 Mei 2022.

Akun Facebook tersebut merupakan milik SH, warga Dusun Batu Bintang, Desa Batuputih Daya, Kecamatan Batuputih, yang diduga telah melakukan pencemaran nama baik terhadap Moh. Rizal Maulana.

Marlaf Sucipto selaku Penasihat Hukum Moh. Rizal Maulana mengungkapkan, pencemaran nama baik itu, bermula saat akun Facebook Nurholis mengunggah status berupa teks.

“Neneknya di Batuputih Daya gila kanak. Kenapa ya,” kata penasehat hukum Moh. Rizal Maulana setelah dialih bahasakan dalam bahasa Indonesia, Minggu (29/05/2022).

Menurutnya, dari status tersebut sontak dibanjiri berbagai macam komentar. Salah satunya, akun Zat Nya Sudi yang ditujukan langsung kepada akun Facebook milik Moh. Rizal Maulana.

“Lebih baik menjadi pengemis, daripada dipermainkan perempuan. Onani saja kalau takut sama istrinya,” ulas pria yang akrab disapa Marlaf kepada media ini.

Atas komentar tersebut, dirinya mengungkapkan bahwa SH sebagai pemilik akun Facebook Zat Nya Sudi itu, diduga telah melakukan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik melalui Medsos.

“Sesuai Ketentuan Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo. Pasal 310 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP),” katanya menjelaskan.

Oleh karena itu, Marlaf akan memberikan peringatan terhadap SH selaku pemilik akun Facebook Zat Nya Sudi yang diduga telah melakukan pencemaran nama baik tersebut.

“Jika jalan somasi tidak diindahkan, maka laporan ke Polres Sumenep akan segera dilakukan,” tagasnya.

“Syukur, jika saudara SH mau menindaklanjuti somasi dan memiliki iktikad baik menyelesaikan perkara ini tanpa harus ke jalur hukum”, sambungnya.

Marlaf menambah, status yang ditulis Nurholis di akun Facebooknya itu, telah dihapus oleh pemiliknya. Akan tetapi, sejumlah pihak pengguna Facebook lainnya telah melakukan tangkap layar, berikut dengan komentarnya.

“Klaen saya sudah punya barang bukti berupa hasil tangkap layar itu, meskipun telah dihapus oleh pemiliknya,” tandasnya.

Namun, hingga berita ini ditayangkan, SH pemilik akun Facebook Zat Nya Sudi belum bisa dikonfirmasi untuk dimintai keterangan terkait dengan dugaan pencemaran nama baik tersebut.

Redaksi Info Batuputih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *