Lestarikan Budaya Lokal, M. Muhri Laksanakan Parade Musik Tong-Tong di Batuputih Sumenep

  • Whatsapp
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, M. Muhri saat memberikan sambutan dalam acara pergelaran parade musik Tong-Tong. (Sumber Foto: Istimewa)

Batuputih – Pemuda Desa Larangan Barma, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang tergabung dalam Barma Agung Group menggelar Parade Musik Tong-Tong. Jumat, (15/4/22) kemaren malam.

Pergelaran yang dilangsungkan di lapangan depan Balai Desa Larangan Barma, setempat diikuti sebanyak 10 (sepuluh) group tongtong yang tersebar di beberapa  desa di Kecamatan Batuputih.

Bahkan, sejumlah group tontong dari kecamatan tetangga, seperti  Kecamatan Manding dan Kecamatan Dasuk, turut serta meramaikan pergelaran musik tradisional khas Madura itu.

Kegiatan kebudayaan tersebut juga mendapat dukungan dari salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, M. Muhri.

Dalam sambutannya, mantan Ketua  Cabang PMII Sumenep itu memberikan apresiasi atas pergelaran kebudayaan tersebut.

“Parade musik Tong-Tong merupakan kegiatan postif sebagai upaya menjaga kelestarian budaya musik tradisional,” kata Muhri.

Dirinya mengungkapkan bahwa adanya musik tradisional tongtong sebagai ajang menyalurkan bakat anak muda, khususnya di Batuputih.

“Anak muda yang memiliki bakat harus disediakan ruang aktualisasi, agar bakat yang dimiliki mereka terasah dan bisa bermanfaat bagi dirinya dan orang lain,” tegasnya.

Politikus partai PKB itu juga menuturkan soal musik Tong-Tong tempo dulu. Yang awalnya musik tontong hanya dijadikan alat untuk membangunkan orang yang hendak melaksanakan sahur pada bulan suci Ramadan.

Kini, lanjut Muhri, musik Tong-Tong berkembang menjadi kegiatan positif yang mengandung nilai-nilai kebudayaan lokal.

“Semoga kegiatan parade musik tradisional ini menjadi bagian  memelihara kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa ini,” tandasnya.

Penulis: Redaksi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *